Pemkab. Dompu Gelar Sholat Idul adha 1445 H/2024 M, Jamaah Banjiri Lapangan Beringin

  • Selasa, 18 Juni 2024 -   ADMIN-DISKOMINFO DOMPU
Pemkab. Dompu Gelar Sholat Idul adha 1445 H/2024 M, Jamaah Banjiri Lapangan Beringin
Gelaran Sholat Idul Adha 1445 H / 2024 M yang berlangsung di Lapangan Beringin Dompu.

diskominfo.dompukab.go.id - Bertempat di lapangan Beringin Pendopo Bupati Dompu Pemerintah Kabupaten Dompu menggelar Sholat Hari Raya Idul Adha 1445 H/ 2024 M, Senin, 17/06/2024 sekitar jam 07.00 - selesai. 

Bupati Dompu H. Kader Jaelani dalam sambutannya menyampaikan bahwa Idul adha bermakna suatu keteladanan dari Nabi Ibrahim Alaihissalam, merupakan pesan simbolik agama, yang menunjukkan ketaqwaan, keikhlasan, dan kepasrahan seorang hamba yaitu nabi Ibrahim Alaihissalam pada titah sang pencipta Allah SWT.

Esensi dari idul adha merupakan momentum untuk memperbaiki hubungan, baik sesama manusia dan hubungan dengan Allah SWT. Inilah hari besar kemanusiaan dan keimanan, yang ditandai dengan syi’ar penyembelihan hewan kurban, untuk mengenang peristiwa pengorbanan Nabi Ibrahim ‘Alaihissalam.

Sesuai dengan tema idul adha yang diangkat panitia pelaksana pada tahun ini yakni “Dengan Idul Adha 1445 H/2024 M Kita Tingkatkan Ketaqwaan dan Kepedulian Kepada Sesama”, tema ini bermakna hari raya qurban memiliki dua makna penting sekaligus. Pertama, makna ketaqwaan manusia atas perintah sang khalik. Kedua, makna sosial, di mana rasulullah melarang kaum mukmin mendekati orang-orang yang memiliki Kelebihan rezeki, akan tetapi tidak menunaikan perintah Qurban.

Lanjut Bupati Sebagaimana sabda rasulullah: barangsiapa yang memiliki kelapangan (rezeki) lalu tidak melakukan kurban, maka janganlah mendekati tempat shalatku. Dalam konteks itu, nabi bermaksud mendidik umatnya agar memiliki kepekaan dan solidaritas tinggi terhadap sesama. Kurban adalah media ritual, selain zakat, infak, dan sedekah.

Pada kesempatan ini saya menghimbau masyarakat kabupaten Dompu, untuk tidak perlu khawatir dalam berkurban, dan memakan dagingnya, karena hewan qurban di kabupaten Dompu insya allah bebas dari penyakit mulut dan kuku (pmk) dan lain-lain. Vaksinasi yang dilakukan kepada hewan ternak terutama sapi, agar penularannya dapat diantisipasi. Untuk hewan qurban yang datang dari luar daerah, kita juga telah mengantisipasi di pintu-pintu masuk dengan melakukan pemeriksaan, dan menandai hewan yang sehat dengan kalung khusus.

Kabupaten dompu pada tahun ini produktivitas populasi ternak terutama sapi potong meningkat, dan alhamdulillah beberapa hari yang lalu telah dilakukan pengiriman ke luar daerah lewat darat dan jalur tol laut.

Lebih lanjut Bupati H. Kader Jaelani keberhasilan program inseminasi buatan terhadap produktifitas peternakan sapi juga memberikan nilai tambah bagi petani dalam usaha tani peternakan di Dompu. Dengan inseminasi telah mampu menghasilkan sapi-sapi berkualitas, dan dengan pemberian pakan yang intensif juga mampu meningkatkan berat badan sapi yang pada gilirannya mampu menambah nilai ekonomi dan pendapatan masyarakat.  

Keberhasilan produktivitas sapi dikabupaten Dompu dilirik oleh daerah lain, ini terbukti kunjungan studi banding tpid kalimantan tengah ke kabupaten Dompu, dengan komoditas belajar disektor peternakan yang akan menjajaki kerjasama antar daerah untuk pengiriman ternak sapi tambora. Hal ini merupakan implementasi dari program jarapasaka sektor peternakan demi mewujudkan dompu mashur (mandiri, sejahtera, unggul dan religius).

 Bupati juga mengajak jamaah sama-sama berdoa untuk saudara- saudara kita yang sedang berada di tanah suci dalam menunaikan ibadah haji. Semoga saudara-saudara kita tersebut senantiasa diberikan kesehatan, keselamatan, perlindungan, dan kemampuan untuk menunaikan seluruh rangkaian ibadah haji dan umrah, Serta kembali ke tanah air dengan selamat dan menjadi haji yang mabrur dan mabrurah. Ujarnya. 

Sebelum mengakhiri sambutannya Bupati H. Kader Jaelani mengingatkan penyelenggaraan Dompu expo di waktu dekat yaitu tanggal 24 sampai 29 juni 2024 dilapangan Karijawa Kecamatan Dompu, mengajak semua pihak mensukseskan kegiatan tersebut, serta ambil bagian memeriahkan kegiatan dimaksud dengan mempublikasikan kegiatan tersebut lewat platform media sosial, baik itu facebook, twitter dan instagram. Keberhasilan penyelenggaraan event dompu expo merupakan tanggung jawab kita semua tanpa dukungan dan support dari kita tuan rumah penyelenggaraan event akbar ini tidak akan sukses terlaksana.  

Khotib pada sholat Idul Adha 1445H/2024 M yaitu Ust. H. Lalu Syarifuddin, SQ S. Pdi dari Kantor Kementerian Agama Kabupaten Dompu yang pada pokoknya menyampaikan Makna tauhid dan ketaqwaan kepada allah swt, tujuan hidup kita adalah satu meningkatkan ketaqwaan kepada Allah swt, nabi Ibrahim mendekatkan diri kepada allah, nabi Ismail mendekatkan diri kepada Allah Swt. Pentingnya menghormati orang tua kita mengkuti perintahnya sepanjang tidak bertentangan dengan perintah Allah SWT. 

Khotib juga menyampaikan Makna ibadah haji dan umrah yaitu kemanusiaan kapada sesama, melepaskan identitas keduniaan, bersama di tempat yang sama diterik panas yang sama yang membedskan adalah ketaqwaan kepada allah Swt, sedangkan Hakikat dari kurban adalah simbol rasa kepedulian kepada sesama dan ketulusan dan mengharap ridho Allah SWT. (TM.KOMINFO)

Berita Terkait Lainnya