Peringatan Tahun Baru Islam 1444H, Wakil Bupati : Ciptakan Kehidupan Yang Islami

  • Senin, 15 Agustus 2022 -   ADMIN-DISKOMINFO DOMPU
Peringatan Tahun Baru Islam 1444H, Wakil Bupati : Ciptakan Kehidupan Yang Islami
Wakil Bupati Dompu Menghadiri Peringatan Tahun Baru bagi umat lslam 1 Muharram 1444 H / 2022 Masehi di Mesjid Agung Baiturrahman Dompu, Minggu (14/8/2022).

Diskominfo.dompukab.go.id - Tahun Baru Hijriah atau Tahun Baru Islam merupakan suatu hari yang penting bagi umat Islam karena menandai peristiwa penting yang terjadi dalam sejarah Islam yaitu memperingati penghijrahan Nabi Muhammad SAW dari Kota Makkah ke Madinah pada tahun 622 Masehi dan untuk mengingatnya, Pemerintah Kabupaten Dompu menyelenggarakan Peringatan Tahun Baru lslam 1 Muharram 1444 H / 2022 Masehi di Mesjid Agung Baiturrahman Dompu, Minggu (14/8/2022).

Peringatan Tahun Baru bagi umat lslam tersebut dihadiri Wakil Bupati Dompu, Sekretaris Daerah, Para Staf Ahli Bupati, Asisten, Pimpinan OPD, Pejabat Lingkup Pemda Dompu, ASN, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan Umat Muslim lainnya. 

Di awal sambutannya Wakil Bupati Dompu H. Syahrul Parsan, ST, MT meminta kepada seluruh jama,ah agar tidak henti-hentinya memanjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT, sembari mengingatkan agar peringatan Tahun Baru lslam tidak boleh kalah dari peringatan Tahun Baru lainnya.

"Pada penyambutan Tahun baru Masehi kita selalu memeriahkannya dengan berbagai pesta dan kegembiraan yang berlebihan, sementara dalam menyambut  Tahun Baru Hijriah, kita selaku umat lslam tidak pernah menghiraukannya. Kebiasaan seperti ini harus kita rubah," ungkapnya.

Oleh sebab itu, dirinya mengajak kepada umat muslin di Bumi Nggahi Rawi Pahu untuk membimbing keluarga dan lingkungan masyarakatnya agar selalu meciptakan kehidupan yang lslami dalam kehidupan sehari-hari.

"Malam ini partisipasi kita selaku umat lslam sangat rendah, terutama partisipasi ASN sebagai contoh dan tauladan bagi masyarakat sangat rendah. Saya selaku wakil pemerintah malam ini sangat berharap kepada umat lslam agar kedepan kegiatan keagamaan seperti malam ini dapat hadir dan meramaikannya," harapnya.

Kepada para ASN, khususnya Lingkup Pemerintah Kabupaten Dompu, Wabup mengingatkan untuk selalu menghargai undangan kegiatan yang diadakan oleh Pemerintah maupun undangan kegiatan kemasyaratan lainnya, terutama kegiatan keagamaan seperti ini. "Peringatan tahun baru Islam, sangat penting maknanya bagi kita semua, apalagi kita selaku  umat muslim," ujarnya. 
 
Wabup menjelaskan, Peringatan Tahun Baru lslam memiliki hikmah yang sangat berarti. Salah satu hikmah yang bisa dipetik adalah bahwa di bulan Muharram ini, Nabi Adam As diciptakan oleh Allah SWT. "Selain itu dibulan Muharram ini pula Nabi Adam memanjatkan do'a agar segala dosa-dosa yang telah diperbuatnya dihapuskan oleh Allah SWT," tutup Wabup dsembari mengajak kepada seluruh hadirin untuk mengikuti dengan seksama ceramah Agama terkait Tahun Baru Islam.

Menutup rangkaian aca peringatan Tahun Baru lslam malam ini, Tuan Guru Haji Dr Sabaruddin yang berasal dari Lombok menyampaikan hikmah Peringatan Tahun Baru lslam 1 Muharram 1444 H.

Dari pantauan langsung, kegiatan berjalan dengan lancar dan Hikmat. (TIM.KOMINFO)

Berita Terkait Lainnya