Bupati Dompu: Jambore Kader PKK bagian dari Kemajuan Daerah dan Kesejahteraan Masyarakat

  • Jumat, 12 Agustus 2022 -   ADMIN-DISKOMINFO DOMPU
Bupati Dompu: Jambore Kader PKK bagian dari Kemajuan Daerah dan Kesejahteraan Masyarakat
Bupati Dompu H. Kader Jaelani, menyampaikan ucapan selamat datang kepada seluruh tamu undangan dari berbagai kabupaten/kota di NTB. Jumat (12/8/2022).

Diskominfo.dompukab.go.id - Bupati Dompu H Kader Jaelani, menyampaikan ucapan selamat datang kepada seluruh tamu undangan dari berbagai kabupaten/kota di NTB, pada kegiatan Pembukaan Jambore Kader PKK Tingkat Provinsi NTB di Kabupaten Dompu di lapangan beringin kantor Pemda Dompu, Jumat (12/8/2022).

Ia juga, menyampaikan rasa bangga dan terimakasihnya kepada semua pihak yang telah berpartisipasi mensukseskan kegiatan ini. "Kami juga merasa bersyukur dan terimakasih karena Pemrov NTB menunjuk Kabupaten Dompu sebagai tuan rumah untuk melaksanakan kegiatan ini," ucapnya, saat memberikan sambutan pada acara Jambore Kader PKK Tingkat Prov NTB Tahun 2022 dengan mengusung tema Tingkatkan Kinerja PKK Melalui 10 program pokok PKK yang digelar selama beberapa hari Jum’at (12/8/2022) dan Sabtu (13/8/2022).

Pada acara yang juga dihadiri Anggota DPR RI perwakilan NTB H. Syafrudin, Kepala OPD lingkup Pemprov. NTB, wakil Bupati Dompu, Sekda Dompu, anggota DPRD Dompu, FKPD Dompu, OPD lingkup Kabupaten Dompu, GOW, DWP, organisasi wanita lainnya, BUMN, Camat, Lurah, Kades, Toma, Toga dan masyarakat, ini Bupati juga menyampaikan, melalui kegiatan Kader PKK tentunya akan berikan kontribusi bagi memajukan dan perubahan daerah serta terbangunnya kerjasama, kebersamaan dan solidaritas antara kader PKK masing-masing Kabupaten/Kota.

"Kegiatan ini bisa menjadi sarana pembelajaran dan berbagi pengalaman dalam melaksanakan tugas dan fungsi tim penggerak PKK dalam berbagai tingkatan, kemudian diharapkan juga kedepannya gerakan PKK terus menjalin kerjasama yang serasi, selaras dan harmonis untuk mendukung program-program pemerintah," jelasnya.

Menurut Bupati, kegiatan ini juga dapat menjadi wahana melahirkan kader PKK yang tangguh untuk terciptanya kesejahteraan masyarakat dan meningkatkan gerakan pemberdayaan program kesejahteraan serta pembangunan.

Sebagai mitra kerja pemerintah, PKK telah banyak memberikan kontribusi untuk Kemajuan pembangunan tidak hanya di Kabupaten Dompu, namun juga di provinsi Nusa Tenggara Barat dan Indonesia sebagai mitra kerja di bidang pemberdayaan masyarakat.

”Tim penggerak PKK beserta seluruh jajarannya diharapkan senantiasa dapat meningkatkan kemampuan manajerial, sehingga berbagai program dan kegiatan yang dilaksanakannya dapat memberikan nilai yang lebih bagi kesejahteraan masyarakat,” terangnya.

Lebih jauh, Bupati mengingatkan kepada para Camat, kepala desa dan Lurah, agar dapat mendukung berbagai program dan kegiatan di wilayahnya masing-masing guna memberikan ruang bagi PKK untuk berkontribusi dalam pembangunan masyarakat.

"In Sha Allah Kabupaten Dompu akan menjadi tuan rumah yang ramah, baik dan berupaya dengan baik untuk melayani para tamu dari seluruh kabupaten kota se Provinsi Nusa Tenggara Barat, Selamat mengikuti kegiatan Jambore kader PKK tingkat provinsi Nusa Tenggara Barat Tahun 2022,” tandasnya.

Ketua TP PKK Kabupaten Dompu Lilis Suryani, melalui sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih banyak kepada ketua tim penggerak PKK provinsi Nusa Tenggara Barat yang turt menghadiri acara kegiatan Jambore Kader PKK tingkat provinsi.

Pelaksanaan kegiatan Jambore Kader PKK tingkat provinsi Nusa Tenggara Barat tahun ini diikuti oleh 2290 perserta, para peserta ini terdiri dari kader-kader PKK seluruh Kabupaten/kota yang ada di Provinsi Nusa Tenggara Barat.

"Tujuan dari kegiatan ini meningkatkan kinerja dalam mewujudkan keluarga sehat, maju, dan mandiri, juga meningkatkan kualitas kader PKK dalam melaksanakan 10 program pokok PPK," jelasnya.

Sementara itu, Ketua TP PKK Provinsi NTB Hj Niken Saptarini H Zulkiflimansyah mengatakan, melalui sambutannya juga mengatakan pelaksanaan Jambore kader PKK terakhir kali dilaksanakan di bulan Maret tahun 2020 tepat sehari sebelum Indonesia dinyatakan terdampak pandemi covid 19.

"Hari ini bisa berada di tempat ini menyelenggarakan kembali Jambore tim penggerak PKK tingkat provinsi merupakan karunia yang harus kita syukuri pada Allah," ujarnya.

Pada kesempatan ini, Ia juga menyampaikan terima kasih kepada Bupati dan Wakil bupati Dompu beserta seluruh jajarannya yang telah bersedia menjadi tuan rumah penyelenggaraan Jambore kader PKK tingkat provinsi Tahun 2022.

"Kegiatan Jambore kader PKK tingkat provinsi Nusa Tenggara Barat dilaksanakan 2 tahun sekali secara bergiliran di kabupaten atau kota Berdasarkan kesepakatan bersama dan untuk Tahun 2022 ini Kabupaten Dompu mendapatkan gilirannya,” jelasnya.

Lanjutnya, peserta diikuti oleh seluruh pengurus penggerak PKK provinsi dan kabupaten serta para kader yang berprestasi dan terpilih dengan harapan agar dapat meningkatkan silaturahim bertukar pengalaman meningkatkan pengetahuan wawasan dan kemampuan melaksanakan tugas-tugas pembangunan.

Dalam kegiatan kali ini, juga dilakukan lomba-lomba yang bertujuan untuk menguatkan program-program tim penggerak PKK yang menjadi unggulan, serta meningkatkan kualitas dan keikutsertaan dari ibu-ibu ketua tim penggerak PKK desa yang menjadi ujung tombak di desa-desa dan di kelurahan.

"Kita harus menjadi kader-kader PKK yang bersemangat yang termotivasi, memiliki silaturahmi yang lebih banyak lagi dengan sesama kader yang lain, memiliki wawasan dan tentu saja memiliki ketangguhan sebagai penggerak di wilayah masing-masing untuk memberdayakan keluarga di wilayah kita semua. Tujuannya, tentu saja agar daerah kita yang kita cintai ini menjadi daerah yang sukses menuju NTB Gemilang,” paparnya.

Pantauan langsung TM Kominfo, kegiatan ini diakhiri dengan pembukaan secara Ceremonial dan pelepasan balon yang menandakan Rangkaian kegiatan Jambore Kader PKK tingkat Provinsi NTB resmi dibuka. (TM.KOMINFO)

Berita Terkait Lainnya