Pimpin Rakor, Wabup Paparkan Sejumlah Poin Penting

  • Kamis, 04 Agustus 2022 -   ADMIN-DISKOMINFO DOMPU
Pimpin Rakor, Wabup Paparkan Sejumlah Poin Penting
Pemda Dompu menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) bersama seluruh Camat dan Kepala Desa Se-kabupaten Dompu. Rabu (4/8/2022)

Diskominfo.dompukab.go.id - Pemda Dompu menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) bersama seluruh Camat dan Kepala Desa Se-kabupaten Dompu, Rabu (4/8/2022). Rakor ini, selain membahas mengenai persiapan peringatan Hari Kemerdekaan RI yang Ke-77 tahun (17 Agustus 2022), juga berbagai peran Kades dan Lurah dalam menjalankan tugas serta tanggung jawab.

Rakor yang berlangsung di aula Pendopo Bupati Dompu, ini dipimpin Wakil Bupati (Wabup) Dompu H Syahrul Parsan ST MT. Hadir juga, Sekertaris Daerah (Sekda) Dompu, Para pejabat lingkup Pemda Dompu, Para Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) termasuk Kepala Inspektorat, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (DPMPD), Kepala Kebangpol Dompu, Para Camat, Lurah dan Kades Se-kabupaten Dompu.

Wakil Bupati (Wabup) Dompu H Syahrul Parsan ST MT, melalui penyampaiannya mengatakan, saat ini semua pihak dihadapkan kegiatan memperingati Hari Kemerdekaan RI. Maka itu, semua pihak termasuk pemerintah kelurahan dan desa untuk segera mengambil bagian melakukan pemasangan bendera merah putih dan umbul-umbul serta lainnya.

"Segera tuntaskan semua kegiatan dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan RI," ujarnya.

Ini Imbauan Wabup untuk para Kades dan Lurah?

Pada momentum ini, Wabup juga membahas mengenai isu-isu (permasalahan) yang timbul dari Desa, yang tentunya menyebabkan terhambatnya kegiatan-kegiatan program yang ada di desa dan kelurahan.

Ia mengungkap, permasalahan yang terjadi justru datang dari dalam pihak aparatur desa itu sendiri. "Mari kita tetap ciptakan kondisi wilayah agar kondusif, tentram, aman dan damai," ajaknya.

Menurut Wabup, permasalahan yang timbul salah satunya mengenai yakni pergantian aparatur desa, sehingga menimbang masalah yang terkesan tidak ada habisnya.

"Ini perlu menjadi perhatian bersama. Saya ingatkan para Kades untuk tetap mengikuti aturan dan mekanisme yang ada. Apapun permasalahan yang muncul agar segera dikoordinasikan dengan pihak terkait, termasuk para Camat," terangnya.

Ia juga, mengingatkan agar pemerintah desa dan kelurahan tidak terpengaruh pada desakan dan hal-hal yang muncul dari luar sistem pemerintahan, sehingga dengan gampang dalam menentukan keputusan dan kebijakan. "Ini juga yang perlu diperhatikan," jelasnya lagi.

Lebih jauh Wabup menegaskan, pengelolaan dan pemanfaatan dana desa, perlu juga diperhatikan dan harus berdasarkan ketentuan serta aturan dari penggunaan dana tersebut. "Apa yang kita lakukan tentu harus ada hasil. Termasuk capaian apa yang mampu kita wujudkan," tandasnya. (TM KOMINFO)

Berita Terkait Lainnya