Gubernur NTB Salurkan Paket Bantuan Untuk Nelayan Dompu

  • Senin, 01 Agustus 2022 -   ADMIN-DISKOMINFO DOMPU
Gubernur NTB Salurkan Paket Bantuan Untuk Nelayan Dompu

Diskominfo.dompukab.go.id - Gubernur Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) DR. H. Zulkiflimansyah, SE, M.Sc. didampingi Istri dan Pejabat Lingkup Pemprov NTB melakukan kunjungan kerja dan silaturrahim dengan masyarakat Bumi Nggahi Rawi Pahu, Minggu (31/7/2022).

Kehadiran orang nomor satu di NTB tersebut dalam rangka menyerahkan paket Bantuan Mesin Ketinting 5 PK sebanyak 24 Unit untuk masyarakat Pesisir Desa Lasi Kecamatan Kilo Kabupaten Dompu yang dilaksanakan di halaman Kantor Dinas Perikanan dan Kelautan Dompu yang dihadiri, Wakil Bupati Dompu, Sekda, para Asisten, Kepala OPD Lingkup Pemda Dompu, Camat serta warga penerima bantuan.

Pada kesempatan tersebut, Wakil Bupati H. Syahrul Parsan, ST,. MT mengucapkan selamat datang sekaligus menyampaikan rasa bangga kepada Gubernur berkesempatan hadir untuk melakukan kunjungan kerja sekaligus silaturrahim dengan masyarakat Pesisir di Kabupaten Dompu.

Wakil Bupati menjelaskan, nelayan di Kabupaten Dompu ada sebanyak 7.218 orang dengan jumalah armada kapal penangkapan 4.385 dan pemerintah daerah telah menyalurkan beberapa paket bantuan yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) dan Dana Alokasi Umum (DAU) tahun 2022 berupa mesin Kapal 5,5 PK dan 6,5 PK serta mesin dalam, alat penangkapan ikan ramah lingkungan berupa Bubu, Gillnet dan Trammel Net dan Alamat Keselamatan berlayar (Life Jack) serta Cool Box.

Wakil Bupati menambahkan, untuk meningkatkan produksi penangkapan ikan nelayan diperlukan dukungan bantuan dan penambahan armada kapal penangkapan ikan, penambahan dan peremajaan alat, penggantian mesin kapal dan pengadaan sarana penunjang lainya seperti ketersediaan pasokan Es yang mencukupi untuk mempertahankan dan meningkatkan mutu ikan. “Kami juga melihat di Kecamatan Hu’u memiliki potensi Ikan Tuna yang selalu bermigrasi dengan tujuan ke Australia, dan untuk menangkapnya memerlukan kapal yang besar. Maka, kami berharap pemerintah provinsi memberikan bantuan kapal yang besar untuk para nelayan,” harapnya.

Kepada masyarakat, Syahrul Parsan mengingatkan untuk dapat memanfaatkan bantuan yang diberikan untuk meningkatkan taraf hidup secara ekonomi. “Mari kita bersama-sama mewujudkan cita-cita Dompu Mashur dan NTB Gemilang,” tutupnya.

Sementara itu, Gubernur NTB DR. H. Zulkiflimansyah, SE, M.Sc. mengungkapkan, pemberian paket bantuan untuk masyarakat pesisir tersebut merupakan wujud dalam menyukseskan Program NTB Sejahtera dan Mandiri melalui penanggulangan kemiskinan, pengangguran, kesenjangan dan pertumbuhan ekonomi inklusif sesuai RPJMD Provinsi NTB tahun 2019-2023 dengan melawan kemiskinan dari Desa disektor perikanan kelautan yang diharapkan para nelayan bisa menghadirkan Apartemen Ikan di pesisir. “Semoga bantuan ini bermanfaat bagi masyarakat Dompu,” ujarnya.

Kepada para pimpinan OPD, Gubernur menyarankan agar mensingkronkan sejumlah program kerja pemerintah provinsi dengan program kerja pemerintah daerah. “Segera sinergikan program provinsi, termasuk pengadaan kapal besar untuk nelayan,” ujar Gubernur.

Gubernur juga mengharapkan kepada masyarakat untuk memanfaatkan bantuan yang diberikan guna meningkatkan kehidupan ekonomi yang lebih baik. “Kita harus syukuri apa yang kita miliki, karena belum tentu orang lain bisa menikmati kebahagian seperti yang kita rasakan saat ini,” harapnya.

Sementara itu, Ketua PKK sekaligus Ketua Forum Gerakan Makan Ikan (Forikan) Provinsi Nusa Tenggara Barat Hj. Niken Saptarini Widyawati Zulkieflimansyah, SE., M.Sc, menyarankan kepada para nelayan untuk tidak menjual semua hasil tangkapannya. “Berikan sebagian kepada anaknya untuk dikomsumsi, khususnya balita agar mereka sehat, bergizi dan tumbuh dengan baik serta mendapatkan berkah dari Allah SWT,” sarannya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi NTB Muslim, ST, M.Si menjelaskan, Pemberdayaan masyarakat nelayan sangat sederhana, karena investasinya kecil dan dipake cukup lama. “Pemberian bantuan ini merupakan bagian dalam mendukung proses investasi masyarakat pesisir, yang bertujuan untuk memberdayakan dan mensejahterakan masyarakat nelayan,” ujarnya. (TM.KOMINFO)

Berita Terkait Lainnya