Pelantikan Kepengurusan FKUB Kabupaten Dompu Periode 2022 – 2027.

  • Jumat, 29 Juli 2022 -   ADMIN-DISKOMINFO DOMPU
Pelantikan Kepengurusan FKUB Kabupaten Dompu Periode 2022 – 2027.
Wakil Bupati H. Syahrul Parsan S.T., M.T Melantik Pengurus Forum Kerukunan Beragama (FKUB) Periode 2022 – 2027, kegiatan ini berlangsung di Ruang Rapat Bupati Dompu. Jumat (29/07/2022)

Diskominfo.dompukab.go.id – Wakil Bupati H. Syahrul Parsan S.T., M.T Melantik Pengurus Forum Kerukunan Beragama (FKUB) Periode 2022 – 2027, kegiatan ini berlangsung di Ruang Rapat Bupati Dompu. Jumat (29/07/2022). 

Kegiatan pelantikan FKUB ini juga dihadiri sekitar 35 orang undangan, antara lain Sekda Dompu Gatot Gunawan PP, SKM.M.Kes, Dandim 1614/Dompu diwakili Kasdim Mayor Inf. Abdul Haris, SH., MH, Kapolres Dompu diwakili Kasat Binmas AKP Jaelani, Kepala Bakesbangpol H. Albuhairum, S.Sos.Msi, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Dompu  H. Syahrir, M. Si, Ketua Baznas Kabupaten Dompu Drs. Dahlan HAR, Sekretaris MUI Drs. Tirmizi, Kabag Tatapem Setda Dompu Abdul Halik, Kabag Prokopim Setda Dompu Ardiansyah dan sejumlah tokoh dan pejabat lainnya.

Kegiatan ini diawali dengan Pembacaan Surat Keputusan Kepengurusan FKUB Kabupaten Dompu Nomor: 450/Kesra/2022 dan dilanjutkan dengan pelantikan oleh Wabup H. Syahrul Parsan,ST.MT.

Sebagaimana kita ketahui bahwa Ketua FKUB Dompu yang baru merupakan pejabat (Kasi) pada Kantor Kemenag Dompu. Sebelum pelantikan hari ini, telah dilakukan pemilihan kepengurusan FKUB Dompu periode 2022-2027 di Aula Kemenag Dompu sekitar bulan Juni 2022.

Setelah resmi dilantik oleh Wakil Bupati Dompu, Ketua FKUB Dompu terpilih M Alimudin A.Ag, menyampaikan beberapa hal antara lain, bahwa pengurus FKUB yang dilantik harus menjadi agen kerukunan umat.
Menurut Alimudin Kerukunan adalah hal yang amat penting untuk diwujudkan.
”Untuk terwujudnya kerukunan maka jangan menganggap diri paling benar lalu menyalahkan keyakinan yg lain,”Ujarnya.

Lanjut Alimudin, Pemerintah telah menetapkan Trilogi kerukunan yaitu antar umat beragama, intern umat beragama dan antar umat beragama dgn pemerintah. 

"Kelurahan Dorotangga Kec Dompu, telah ditunjuk menjadi percontohan kerukunan umat beragama dan akan dilounching sebagai pilot project FKUB, " Jelasnya. 

Pada kesempatan yang sama Wabup Dompu H Syahrul Parsan S.T.,MT dalam sambutannya mengatakan bahwa, kerukunan umat beragama harus senantiasa dijunjung tinggi.
Saya sangat mengapresiasi kegiatan pembersihan lokasi kuburan Muslim dan Non Muslim oleh masyarakat di Kelurahan Dorotangga. Hal Itu adalah wujud kebersamaan,”Kata Wabup.

Wabup berharap Kedepan bukan hanya kuburan yang dibersihkan, tetapi juga yg lainnya. Terutama kebersihan hati masing-masing harus dijaga sehingga tidak menganggap benar sendiri lalu menyalahkan yang lain. Saya mengajak kepada seluruh pengurus FKUB yang baru dilantik untuk selalu bergandengan tangan dengan pemerintah dalam membangun kemaslahtan umat. Terakhir saya ucapkan selamat kepada Pengurus FKUB periode 2023-2027 semoga bisa menjalankan amanah dengan penuh tanggung Jawab.

Berikut Susunan Kepengurusan FKUB Kabupaten Dompu periode 2022 – 2027.

1.  Ketua              :  M. ALIMUDIN, S.Ag 
2. Wakil Ketua 1 : Drs. H. MUH. IKHSAN. 
3. Wakil Ketua 2 : Drs. DEWA NYOMAN ALIT, SP. 
4. Sekretaris       :  Drs. H. A. GANI H. MALIK
5. Wakil Sekretaris : H. USMAN H. ABD HAMID, SE. 
6.  Bidang Sosialisasi perundang-undangan pemberdayaan umat beragama: 
1) H. KHAIRUDIN, SH. ( Koordinator) 
2) MUSLAMIN, S.Pdi.
3) Pendeta ELSON VREFLY MAU, S. Th. 
4) KURNIASIH HAMZAH, S.PdI.

7. Bidang Pelayanan dan Rekomendasi:
1). Drs. H. M. NASUHI, M.Si.(Koordinator) 
2) M. SHALIHIN, S.Ag.
3) ROMO ELIGIUS ADI WAHYU PAWARTA, PR. 
4) H. M. ALI GANI, S.Sos.

8. Sekretariat FKUB
1) ABDULLAH LANDA, S. Ag ( kepala sekretariat) 
2) NI KETUTy SUKARMIN, S. Ag. ( Adm. Keuangan) 
3) FIRDAUS M. ALI (Staf) 
4) SUPRIYAMIN, S.Pd.I
(TM.KOMINFO)

Berita Terkait Lainnya