Sekda Dompu Hadiri Acara Pembukaan Giling dan Panen Tebu Tahun 2022.

  • Rabu, 27 Juli 2022 -   ADMIN-DISKOMINFO DOMPU
Sekda Dompu Hadiri Acara Pembukaan Giling dan Panen Tebu Tahun 2022.
Sekertaris Daerah Dompu Gatot Gunawan Perantauan Putra SKM M. M.Kes mengadiri acara pembukaaan giling dan Panen Tebu tahun 2022. Rabu (27/07/2022).

Diskominfo.dompukab.go.id  – Sekertaris Daerah Dompu Gatot Gunawan Perantauan Putra SKM M. M.Kes mengadiri acara pembukaaan giling dan Panen Tebu tahun 2022 Dengan tema Tanam Tebu Tumbuh Masyarakat Yang Sejahtera yang dihadiri sekitar 500 Orang.

Acara ini berlangsung pada Pukul 10.30 hingga Pukul 12.15 Wita, di Area Cane Yard PT. SMS (Sukses Mantap Sejahtera) Desa Doropeti Kec. Pekat Kab. Dompu, Rabu (27/07/2022). 

Turut hadir dalam kegiatan ini Ketua DPRD Dompu Andi Bahtiar,.A.Md.Par, Dandim 1614/Dompu Letkol Kav Taufik, S.Sos, Chief Executive Officer PT. SMS Sentosa Setiawan, Presiden Samora Group Yohan Setiawan, Danramil 1614-05/Pekat Kapten Inf Maturidin, Kapolsek Pekat Ipda M. Sofian SH, Direktur PT SMS, Jajaran GM PT SMS, Humas PT SMS, Camat Pekat Ibu Nuraini, S.Pd, Kadis Lingkungan Hidup Jufri ST, Kadis Nakestran Samsul Ma'rif, ST, Staf khusus KPH NTB, Kades Se Kec. Pekat, Kepala UPTD Se-Kecamatan Pekat, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, dan seluruh Karyawan PT. SMS. 

Kegiatan di awali oleh Karnaval Budaya manten tebu pada musim giling dan panen tebu PT. SMS (Sukses Mantap Sejahtera) tahun 2022 yang di ikuti oleh empat kelompok antara lain kelompok kemitraan HGU, Research and Development (RND), Kemitraan mandiri,dan Harvesting.

Acara budaya atau tradisi mantenan tebu merupakan kegiatan rutin tahunan yang diselenggarakan dengan mengadopsi tradisi atau kearifan lokal.

Acara tersebut juga bertujuan untuk lebih mendekatkan kemitraan antara perusahaan dengan petani mitra khususnya yang ada di wilayah Kecamatan Pekat yang merupakan lokasi areal tanaman tebu dan pabrik gula satu-satunya yang ada di Provinsi NTB.

Pada sambutannya Sekda Dompu menyampaikan bahwa PT SMS hanya satu-satunya yang ada di NTB yaitu berlokasi di Kabupaten Dompu. 
Sekda mengajak seluruh masyarakat Dompu untuk  bekerjasama yang baik demi  membangun daerah Kabupaten Dompu kedepannya. 

Lanjut Sekda, Untuk saat ini laporan statistik khususnya pertanian dan peternakan baru mencapai 47 % semoga kedepannya bisa melonjak dengan baik. 

Sekda menyebut, Daerah Dompu sangat cocok lebih-lebih di bidang pertanian khususnya tanaman tahunan dan tanaman tebu yang berimbas pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

”Saat ini PT SMS bisa memproduksi gula cukup besar dan diharapkan  hasil gulanya bisa di suplai ke daerah-daerah di luar Kabupaten Dompu. Diharapkan agar produksi gula PT SMS  kedepannya semakin meningkat dan tentu saja dibarengi dengan meningkatnya daya beli masyarakat".

Chief executive  Officer PT. SMS Sentosa Setiawan dalam sambutanya melaporkan bahwa, penggilingan tebu  PT. SMS tahun 2021 mencapai 118 Ribu ton dan untuk tahun 2022 direncanakan  sebanyak 220 Ribu Ton dalam waktu 105 hari atau kurang lebih empat bulan dan sudah di kategorikan sebagai pemecah rekor.

”Saat ini kita sudah mempersiapkan diri selama setahun diantaranya dari pembibitan oleh para petani, mencari tenaga penebang dan lain lain,”Lanjutnya.

Diakui Santoso, untuk eksistensi PT SMS tentu sangat bergantung pada para petani tebu terutama petani-petani mitra PT SMS. ”Perusahaan sangat menghargai dan sudah menjadi keluarga PT SMS karena tanpa para petani mitra, maka PT SMS tidak bisa berkembang dengan baik,”

Ia berharap untuk waktu tiga atau empat tahun kedepan penggilingan bisa mencapai 1 juta ton tebu sehingga daerah Kabupaten Dompu maju sesuai misi pemerintah.

Sementara itu Presiden Samora Group Yohan Setiawan pada kesempatan yang sama menyampaikan bahwa musim giling tahun 2022 cukup signifikan.
Ia mengungkapkan bahwa Pada awalnya perusahaan mengambil   tenaga di luar Kabupaten Dompu dan kedepan 95 persen akan menggunakan tenaga lokal di Dompu.

”Perusahaan berencana  untuk menciptakan fendor-fendor lokal, Masyarakat kabupaten Dompu khususnya Kecamatan Pekat adalah keluarga besar sekaligus mitra PT SMS,”Tambahnya.

Kegiatan ini dilanjutkan dengan acara seremonial  pemotongan tumpeng dan penyerahan Tebu Manten yang di berikan oleh Chief executive Officer ) PT SMS Sentosa Setiawan terhadap Direktur dan para GM PT SMS. 

(TM.KOMINFO)

Berita Terkait Lainnya